Minggu, 20 Desember 2015

Mengenal Sejarah Candi Gunung Gangsir

Hotel di Garut Sederhana - Berwisata ke Tempat Wisata di Garut sudah bosan anda lakukan, cobalah untuk mengunjungi Candi Gunung Gangsir di Kabupaten Pasuruan. Indonesia memanglah kaya wisata seni, budaya serta sejarahnya. Semua penjuru dunia juga mengakuinya. Satu diantara yang bakal saya ulas kesempatan ini yaitu tentang wisata histori Indonesia terutama sebagian candi yang ada di Kabupaten Pasuruan, satu diantaranya yaitu mengorek bagaimanakah Histori candi Gunung Gangsir. Candi ini kerap juga dinamai Candi Keboncandi. Candi ini terbuat dari setumpuk batu bata merah. Berlokasi seputar 5 Km dari pusat kota Bangil, candi ini dapat merupaka Candi yang terbuat dari batu bata merah tertua di Jawa Timur. Candi ini berdiri kokoh di atas tanah seluas 62 X 24 mtr.. Candi Keboncandi ini mempunyai tinggi 20 mtr. dengan lebar 17 mtr. berupa sisi empat mempunyai empat tingkat, serta menghadap kearah timur.

Mengetahui Histori Candi Gunung Gangsir

Candi ini dapat dibarengi suatu pintu yang sangatlah kecil hingga tak sangat mungkin untuk di masuki. Candi ini dapat populer bakal banyak relief yang dipunyai, namun sayangnya relief-relif itu hilang dicuri orang yg tidak bertanggungjawab. Sampai yang tersisa sekarang ini yaitu relief dengan bentuk bejana, dan relief seseorang wanita yang telah tak utuh. Menurut narasi orang-orang seputar, Candi ini di buat juga sebagai tugu peringatan kesuksesan panen tanaman pada masanya. Bila lihat dari kecilnya pintu yang ada di bangunan candi ini, diprediksikan candi ini dapat mempunyai manfaat juga sebagai lumbung untuk peenyimpanan hasil panen. Narasi simpang siur bakal histori dari bangunan candi ini selalu berkembang dimasyarakat, hal semacam ini disebabkan lantaran minimnya info yang ada seputar bangunan candi. Tak ada papan info apa pun di sekitaran candi ini, mengingat candi ini ada pada step pemugaran, lantaran beberapa dari candi ini sudah rusak, bahkan juga taksedikit juga yang hancur. Rusaknya beberapa bangunan candi ini dikarenakan oleh orang-orang yg tidak mempunyai tanggung jawab, dan menebarnya gosip bahwa ada harta karun yang terpendam di bangunan candi ini bikin Candi Gunung Gangsir di buru oleh orang-orang yang meyakini ada hal semacam itu. Lihat Juga : Hotel di Indonesia

Ada pula narasi lain bahwa rusaknya serta hilangnya sebagian ornament yang ada di candi ini berlangsung ketika penjajahan yang lalu sebagian ornament itu di jual untuk cost perang. Untuk anda yang tertarik untuk belajar histori kehadiran candi, jadi tak salah bila anda bertandang ke sini, untuk mengerti dengan cara detil perihal Histori Candi Gunung Gangsir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar